rarafarachannel.blogspot.com

Assalamu'alaikum
SELAMAT DATANG kawan :D
Blog ini berisi tentang pengetahuan boga, perkucingan, traveling, aneka review", dan aneka tips insyaAllah :)

Sunday 18 November 2018

Hidangan Lauk Pauk yang Dipanggang, SATE

Hidangan yang dipanggang yang terkenal  di Indonesia adalah sate. Selain sate, hidangan dipanggang lainnya adalah  ayam/ikan, seafood  bakar.

Aneka Sate di Indonesia

SATE
Sate ialah masakan dari daging atau penggantinya, yang dipotong-potong  diberi bumbu. Ditusuk pada penusuk sate, dipanggang, dihidangkan dengan sambal kacang atau sambal kecap.
Macam-macam sate
a. Sate dari daging mentah yang tidak menggunakan bumbu lalu dipanggang dan dihidangkan dengan sambal, misalnya:
Sate ayam dengan sambal kacang atau kecap
Sate kambing dengan kacang atau kecap
Sate Madura dengan sambal kemiri
b. Sate dari daging mentah,dicampur dengan bumbu-bumbu lalu dipanggang, contohnya sate manis, dengan sambal kacang  atau kecap
c. Sate dari daging yang direbus terlebih dahulu, ditambahakan bumbu kemudian dipanggang,misalnya sate bumbu rujak, sate bumbu kuning..

Selain sate, hidangan dipanggang lainnya adalah:
a. Sapitan
Adalah daging rebus yang dicabik-cabik, lalu direbus lagi bersama bumbu-bumbu sampai setengah kering, kemudian dijepit diantara dua bambu yang dibelah tidak sampai putus, kemudian dipanggang. Dihidangkan bersama nasi tumpeng.
b. Pentol
Daging cincang ditambah bumbu-bumbu dibentuk bulat, ditusuk pada tusukan sate, kemudian dipanggang. Dihidangkan bersama nasi kuning.
c. Ayam panggang
Ayam/ikan dibelah dua, dilumuri (direndam) bumbu-bumbu, dipanggang sebentar, untuk ayam dipukul-pukul sebantar, lalu dilumuri bumbu dan dipanggang kembali, demikian sterusnya samapi ayam atau ikan masak.

Bumbu yang umum dipergunakan dalam pengolahan sate adalah: bumbu rujak, bumbu kecap, bumbu opor.
Agar tidak banyak bumbu dan air daging hilang yang hilang waktu dipanggang, maka ayam dapat direbus terlebih dahulu bersama bumbu sampai lunak dan bumbu hampir kering lalu dipanggang.
Cara memanggang sate dan hidangan dipanggang lainnya yang terbaik dilakukan adalah dengan memanggang di atas api arang yang membara, makanan yang dipanggang sering dibolak-balik dan dicelupkan atau dilumuri bumbu, bara api harus terus membara sehingga makanan lekas masak dan berwarna kuning kemerahan, tetapi tidak kering dan berkerak gosong

No comments:

Post a Comment