rarafarachannel.blogspot.com

Assalamu'alaikum
SELAMAT DATANG kawan :D
Blog ini berisi tentang pengetahuan boga, perkucingan, traveling, aneka review", dan aneka tips insyaAllah :)

Wednesday 21 November 2018

HIDANGAN SAYUR-SAYURAN

Hidangan sayuran adalah makanan atau hidangan yang dibuat dari sayur-sayuran sebagai bahan pokok. Hidangan sayuran dapat dimakan dalam keadaan:
a. Mentah
b. Masak

a. Hidangan sayuran yang mentah

Aneka Lalaban
Lalaban : Bermacam-macam sayuran dimakan sebagai lalab dengan bermacam-macam sambal
Terancam : Bermacam-macam sayuran yang dipotong-potong halus, dicampur dengan bumbu urap atau sambal kelapa
Asinan Jakarta/Bogor : Bermacam-macam sayuran dipotong halus, ditambah sawi asin, tahu, krupuk, kacang tanah goreng dan dimakan dengan kuah/sambal cuka ditambah ebi yang dihaluskan.
Karedok : Bermacam-macam sayuran dipotong halus, dicampur dengan sambal kacang/sambal pecel. Karedok adalah makanan dari daerah jawa barat
Aneka rujak : Bermacam – macam sayuran dan buah-buahan dipotong dan dimakan dengan sambal gula/sambal rujak (tekstur cair dan kental), sambal petis.

Hal – hal yang diperhatikan waktu menyiapkan sayuran mentah:
a. Pilihlah selalu bahan yang segar dan berkualitas baik (muda dan tidak berulat)
b. Cucilah sayuran sampai bersih dengan air garam, untuk membunuh kuman, bilaslah dengan air masak yang dingin.
c. Potong kecil atau halus sayuran tesebut untuk memudah pencernaan dan mempercepat proses pengolahan.
d. Warna sayuran jangan sampai berubah karena penolahan yang terlalu lama
e. Hidangkan sayuran dalam porsi kecil tetapi terpelihara dan menarik
f. Selesaikan hidangn sayuran mentah sesaat sebelum dihidangkan agar kandungan zat vitamin C tidak hilang, rasa masih segar, tidak berair.

Gado-gado
b. Hidangan sayuran yang masak
Aneka Olahan Sayuran

Urap : Sayuran yang telah direbus/dikukus dimakan dengan sambal kelapa/bumbu urapan. Sambal kelapa dapat dibuat secara:
· Mentah, rasanya lebih manis dari pada yang dimasak
· Dikukus/disangan, agar tidak lekas basi.
· Kelapa dipanggang terlebih dahulu, lalu diparut dan dicampur dengan bumbu, rasa dan aromanya lebih sedap/harum dari pada cara mentah dan masak.
· Menghidagkan urap dapat dengan cara dicampur dengan sambal kelapa atau terpisah sayuran dan sambal kelapa diletakkan diatasnya
Pecel : Sayur-sayuran yang telah direbus dimakan dengan sambal kacang tanah. Pada saat penyajian seringkalai pecel ditambahkan lalaban  (mentimun,biji lamtoro {petai cina}, daun kemangi), gorengan (rempeyek, perkedel jagung, dll).
Gado-gado : Sayur-sayuran yang telah direbus dimakan dengan sambal kacang tanah. Perbedaannya dengan pecel adalah:
· Selain menggunakan sayuran gado-gado menggunakan pelengkap berupa tahu, tempe, goreng, telur, kentang rebus, krupuk udang/melinjo, bawang goreng, lontong.
· Sambal kacang tanah untuk gado-gado direbus dengan santan, lebih halus, lebih cair dari pada pecel, tidak menggunakan kencur dan daun jeruk purut tetapi menggunakan bawang merah.
· Menghidangkan gado-gado, selain sayuran makan diberi pelengkap lalu dituangi sambal kacang dan ditaburi krupuk dan bawang goreng.
Lotek : Lotek adalah makanan Jawa barat yang terdiri dari sayuran yang direbus, dimakan dengan sambal seperti pecel, tetapi bumbu kacang dikentalkan dengan kentang rebus. Didapat juga ditambahkan dengan sayuran lalaban dan krupuk
Aneka tumisan : Bahan pokok dari bermacam-macam sayuran. Bumbu dan sayuran ditumis, ditambahkan sedikit kaldu atau kecap (sesuai selera). Untuk menambahkan rasa dapat dimasukkan daging, udang, ebi atau lainnya.
Orak-arik : Sayuran dipotong halus, ditumis ditambah dengan tumisan bumbu dan ditambahakan telur yang teah dikocok, kemudian diorak-arik (diaduk) samapi masak dan telur bergumpal-gumpal.

Hal-hal yang perlu diperhatikan waktu merebus sayuran.
a. Sayuran direbus dalam air yang cukup,dan sayuran terendam dalam air perebus. Perlu diingat bahwa beberapa sayuran juga mengeluarkan air pada waktu direbus, misalnya sayuran daun, sayuran dari umbi-umbian.
b. Masukkan sayuran setelah air mendidih, bubuhi sedikit garam.
c. Masukkan sayuran kedalam air yang sudah mendidih,dengan memulai dengan sayuran yang berwarna muda terlebih dahulu samapi kewarna yang warna tua.
d. Janganlah merebus sayuran terlalu masak.
e. Jika ada sisa air perebus, jangan dibuang tetapi usahakan agar dapat dipergunakan dalam makanan lain, misalnya untuk mencairkan sambal, kaldu sayuran, atau pada masakan lain, karena air perebus sayuran banyak mengandung vitamin dan mineral.

No comments:

Post a Comment